Flash Blogging, 4 Tahun Indonesia Kreatif

Hari ini (30/11) di Hotel Mercure Padang diadakan Flash Blogging yang bertemakan 4 Tahun Indonesia Kreatif. Flash Blogging ini merupakan acara yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Acara ini merupakan acara Flash Blogging yang kedua diadakan di Padang dan dihadiri sekitar 97 orang. Mereka berasal dari Blogger Padang, Relawan TIK, Kelompok Informasi Masyarakat, Mahasiswa DKV dan Siswa SMK.

Acara dimulai dengan kata sambutan dari Ibu Siti Meiningsih dari Direktorat Pengelolaan Media Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Ibu Siti menyampaikan bahwa Sumatera Barat memiliki kaum muda yang kreatif dan Inovatif, ia menyebutkan tiga orang contoh yaitu Ferry Unardi (CEO & Co Founder Traveloka), M. Alfatih Timur (Pendiri KitaBIsa.com) dan Rio Vamory yang sukses menjual sate padang di Swiss.

Sesi pertama, materi dari Bapak Andoko Darta, Tenaga Ahli Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia tentang 4 Tahun Indonesia Kreatif. Menurutnya ada dua buah (secara garis besar) yang harus dilakukan agar Indonesia menjadi negara maju yaitu pembangunan infrastruktur dan manusia. Ia juga mengatakan bahwa ada enam klasifikasi masyarakat yaitu orang biasa, pahlawan, peduli, eksplorer, kreator dan cendikiawan. Satu persatu klasifikasi ini dijelaskan satu persatu sesuai yang diinginkan peserta. Kamu masuk klasifikasi yang mana? Kita juga bisa berubah dari klasifikasi yang satu ke klasifikasi yang lain, seperti orang biasa bisa jadi kreator, pahlawan atau yang lainnya.

Acara berlanjut ke Lomba menulis blog. Tema yang diangkat sesuai dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Andoko Darta. Setiap peserta diberi waktu untuk membuat postingan blog sampai sesi kedua dimulai.

Sesi kedua, Celoteh Receh bersama Cak Kardi (Sukardi Rinakit), Staf Khusus Presiden bidang Komunikasi. Cak Kardi mengawali ceritanya tentang Wakil Presiden Pertama yaitu Mohammad Hatta atau lebih dikenal dengan Bung Hatta yang diasingkan oleh Pemerinta Belanda ke Banda Neira dan berlajut ke kejadian Proklamasi Kemerdekaan, Tentang Presiden kedua, Ketiga, Keeempat sampai Presiden Sekarang, Bapak Joko Widodo. Sesekali cerita diselingi dengan gurauan, musik atau lagu yang ditampilkan oleh Talago Buni, Endah Laras atau Jubing Kristianto.

Pada sesi kedua ini sebenarnya para peserta Flash Blogging fokusnya terbagi karena selagi mendengarkan celoteh Cak Kardi, peserta juga mengikuti lomba livetweet dengan tagar #CelotehRecehcakKardiPDG.

Acara diakhiri dengan pengumuman pemenang Blog dan Live Tweet. Empat pemenang blog dan 3 pemenang live tweet, masing-masing pemenang mendapat satu buah buku karya Sukardi Rinakit dan hadiah lainnya.

Leave a Reply